30/11/11

Usman Hamid: Keamanan Berlebih Picu Kekerasan di Papua

free west papua/by okezon
SURABAYA - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Usman Hamid meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk memberikan instruksi tegas dan jelas ke jajaran keamanan terkait peringatan 1 Desember atau HUT OPM, besok.

Karena, pada hari itu kemungkinan akan diperingati kalangan masyarakat Papua. "Presiden harus memberi instruksi jelas dan tegas kepada jajaran keamanan agar mencegah penggunaan pendekatan keamanan, apalagi dengan kekuatan dan kekerasan," kata Aktivis HAM Usman Hamid, kepada okezone, Rabu (30/11/2011).

Aktivitas 1 Desember adalah tentang pengibaran bendera bintang Kejora atau penyampaian aspirasi politik lainnya baik di Papua maupun di Jakarta.

Menurut Usman, berdasarkan pantauan kondisi lapangan, per 30 November, di Papua itu terjadi banyak patroli keamanan di berbagai titik, dari Kepolisian dan TNI bergerak dan berkeliling di pusat-pusat keramaian.

"Kami menilai, pengkondisian seperti ini membuka potensi pendekatan keamanan dengan kekuatan menjelang 1 Desember," ujarnya. Dengan pendekatan seperti itu, tentunya akan membuka peluang terjadinya kekerasan.

Sementara di Jakarta sendiri, rencananya akan ada aksi dari sejumlah Mahasiswa dan Pemuda untuk menyampaikan aspirasi politik ke Istana Merdeka. "Karena itu kami  meminta seluruh jajaran aparat keamanan bisa menahan diri," tandasnya.

Imbauan warga Papua yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dikabarkan akan merayakan hari kemerdekaan Papua Barat yang jatuh pada 1 Desember 2011, besok secara besar-besaran di makam Theys Eluway, mantan Ketua Presidium Dewan Papua.

Sebelumnya diberitakan, kabar yang beredar ribuan rakyat akan melakukan  HUT kemerdekaan Papua Barat sekaligus menaikan bendera Bintang Kejora.

Dalam peringatan itu, massa juga akan membacakan deklarasi Papua merdeka dan melakukan aksi-aksi lainnya sebagai upaya pemisahan diri dari NKRI.
more:http://news.okezone.com

Tidak ada komentar:

WEST PAPUA NEWS UPDATE